Social Icons

Pages

Sabtu, 23 November 2013

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah



Pencemaran lingkungan merupakan masalah yang serius di abad 21 ini. Banyak negara yang saat ini telah mengambil tindakan tindakan untuk bisa mengatasi masalah yang ada. Termasuk masalah pencemaran lingkungan, polusi udara dan lain lain.

Tentu saja, kita sebagai warga negara yang baik, harus membantu negara kita dan bumi ini untuk bisa mengurangi pencemaran. Pencemaran di sini., misalkan saja pencemaran tanah, udara dan air yang akhir akhir ini semakin marak di Indonesia. Mungkin salah satu penyebabnya juga karena ketidaktahuan masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan yang terutama lingkungan tanah disekitar kita.

Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi pencemaran tanah.

1. Membuang sampah pada tempatnya.
2. Memisahkan sampah yang dapat diuraikan dan tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme dalam tanah.
3. Mengurangi penggunaan pupuk sintetik atau zat-zat kimia yang berbahaya lainnya untuk pemberantasan hama dalam bidang pertanian.
4. Mengurangi pemakaian pupuk anorganik dan beralih ke pupuk alami yang lebih bersahabat dengan tanah.
5. Mengolah limbah dari pabrik dan tidak langsung membuang ke laut atau sungai.
6. Mendaur ulang plastik, kaleng, dan sampah yang sulit terurai lainnya.
7. Menguraikan senyawa sintetis (seperti plastik) sebelum membuangnya ke tanah; misalnya dengan membakarnya.

Cara tersebut bisa mengurangi pencemaran lingkungan tanah yang sangat membahayakan kehidupan manusia. Kita harus mencintai tanah dimana kita berpijak. Kita tidak hanya harus memikirkan kelangsungan hidup kita tetapi kita harus memikirkan untuk kelangsungan masa depan anak-anak kita atau bahkan cucu-cucu kita. Mereka berhak mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar