Social Icons

Pages

Rabu, 06 November 2013

Limbah Industri dan Limbah Pertanian Penyebab Pencemaran Tanah



Bukan hanya limbah domestik, limbah industri serta limbah pertanian juga termasuk dalam berbagai jenis limbah yang dapat menyebabkan pencemaran tanah. Limbah industri adalah limbah yang berasal dari suatu industri yang dibuang ke tanah secara langsung tanpa adanya penetralan zat kimia yang terdapat dalam limbah terlebih dahulu.

Limbah industri bisa berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah padat yang termasuk dalam kategori limbah industri bisa meliputi limbah dari sisa pengolahan kertas, rayon, plywood, serta berbagai jenis limbah padat lain yang berasal dari industri.

Selain limbah padat yang berasal industri, limbah industri yang berbentuk cair juga termasuk dalam berbagai jenis limbah industri yang dapat menyebabkan pencemaran tanah. Limbah yang masuk dalam kategori ini meliputi, misalnya, limbah cair yang berasal dari sisa pengolahan produk di industri pelapisan logam.

Selain limbah industri, limbah pertanian juga termasuk dalam berbagai jenis limbah yang dapat mencemari tanah. Limbah pertanian bisa meliputi limbah yang berasal dari pupuk kimia yang digunakan oleh petani serta racun yang digunakan untuk membunuh hama seperti pupuk urea, produk pestisida, dan lain sebagainya.

Singkat kata, jika Anda ingin menjaga kesehatan tanah di lingkungan Anda, ada berbagai jenis limbah pencemar tanah yang wajib Anda ketahui supaya Anda bisa turut serta dalam mencegah terjadinya pencemaran tanah karena adanya limbah-limbah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar